Perilaku pasar yaitu pola kebiasaan pasar meliputi proses pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual/organisai terhadap produk tertentu selama periode waktu tertentu.
Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1. Apa yang dijual
2. Apakah produk dan Jasa yang dihasilkan memberi manfaat
3. Produk dan Jasa yang paling banyak permintaanya dan ada di pasar
4. Keunggulan produk atau jasa yang dijual
Setelah itu pembeli Memutuskan untuk membeli atau menolak suatu produk. beragam motivasi membeli (Kemidahan, Status, Gaya, Keistimewaan, Pelayanan, dan lain-lain) memainkan peranan kuat pada berbagai waktu dan tempat para pelanggan sekarang memberikan bobot yang lebih besar pada kualitas dan nilai dalam membuat keputusan untuk membeli.
Pengambilan keputusan seorang dipengaruhi oleh faktor personal dan sosialnya, misalnya ; Motivasi seseorang membeli baju bermerk terkenal sebenarnya yaitu karena untukdapat diterima dalam kelompok masyarakat kalangan tertentu. Oleh karena itu perlu adanya pembentukan perilaku pembelian yang sebenarnya merupakan usaha-usaha seseorang mengatasi masalah.
SUMBER
Budiarto, Teguh.Dasar Pemasaran.Jakarta: Gunadarma,1993.
Risjiani, Nani dan Marsetia Manejemen Pemasaran.Tangerang: 2002.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar