Jumat, 28 Desember 2012

KUNJUNGAN KERJA DPR KE LUAR NEGERI YANG MENJADI SOROTAN PUBLIK


Kunjungan kerja ke luar negeri anggota DPR biasanya dilakukan dalam rangka studi banding dalam pembahasan suatu rancangan Undang-undang (UU). Namun ada juga yang dilakukan dalam rangka pengawasan dan kegiatan kemanusiaan.

Kunjungan kerja tersebut sering menjadi sorotan publik, yang bersangkutan biaya, agenda kerja, dan hasil yangdiperoleh namun hasil kunker tersebut  tidak memuaskan bahkan ada yang mirip dengan website negara tersebut. 

Disini saya akan bahas beberapa kunjungan kerja yang menjadi sorotan publik

1. Membahas RUU Keinsinyuran ke Inggris dan Jerman

Badan Legislasi DPR melakukan kunjungan kerja ke Inggris dan Jerman pada November 2012. Kunker kali ini dilakukan untuk mengkaji penyusunan rancangan undang-undang Keinsinyuran.
Rombongan ke Inggris berangkat Sabtu (24/11) dan pulang Rabu (28/11). Sementara itu, rombongan anggota Baleg yang kunker ke Jerman sudah berangkat terlebih dulu pada Sabtu (17/11). Ada 21 anggota DPR yang berangkat.
Di Jerman, Pelajar Indonesia (PPI) di Berlin mengkritisi kunjungan Badan Legislasi DPR ke negeri Der Panzer itu. Salah satu yang paling fatal dalam kunjungan itu yakni institusi yang dikunjungi tak sesuai alias salah alamat.
"Pertemuan Deutsches Institut fur Normung (DIN) bisa dibilang salah alamat karena DIN itu lembaga yang untuk standardisasi 'produk' bukan profesi seperti yang menjadi agenda utama anggota DPR," kata Ketua PPI Berlin.

2. Membahas ternak sapi ke Paris dan China

Komisi IV DPR melakukan kunjungan ke dua negara, yaitu Perancis dan China. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembahasan RUU Peternakan dan Kesehatan Hewan.
Ada dua rombongan yang berangkat, satu rombongan ke Paris dan rombongan lainnya ke China. Mereka berangkat 10 Desember 2012 malam dan baru kembali tanggal 16 Desember 2012. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyebut kunjungan ini menghabiskan dana sekitar Rp 1,2 miliar.
Kontroversi terjadi ketika Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Golkar Firman Subagyo menyebut kunker ini tak disetujui oleh semua anggota Komisi IV DPR.
Namun Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron membantah dan menegaskan kunker ini sudah disepakati oleh semua anggota fraksi. Dari sana kita mendapat gambaran agar dalam UU nantinya kita tak hanya menggunakan country base. Tetapi juga zona base.


3. Membahas RUU Perbankan Jerman dan Brasil

Komisi XI DPR menggelar kunjungan kerja ke Brasil dan Jerman pada pertengahan bulan November 2012. LSM Fitra menyebut kunker ini menghabiskan dana sebesar Rp 1,8 miliar.

Komisi XI DPR dibagi dalam dua rombongan. Rombongan pertama berangkat ke Brasil pada 15 November 2012. Rombongan pertama dalam rangka studi banding RUU Perbankan.
Sedangkan rombongan kedua, sejumlah anggota Komisi XI berangkat ke Jerman pada 17 November 2012. Selain studi banding RUU Perbankan, rombongan kedua juga membahas terkait OJK.
Tak banyak informasi yang bisa diperoleh mengenai hasil kunjungan. Komisi XI DPR tidak melakukan konferensi pers resmi mengumumkan hasil kunjungan tersebut.

4. Membahas RUU Keantariksaan ke AS dan Brasil

Komisi VII DPR melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) dan Brasil dalam rangka pembahasan RUU Keantariksaan. Kunjungan kerja ini dilakukan pada 10-16 Desember 2012. FITRA menyebut kunker ini menghabiskan dana sekitar Rp 2,89 miliar.
Amerika dipilih karena merupakan negara yang paling maju keantariksaannya di dunia. Sedangkan Brasil dipilih karena memiliki letak geografis yang tak jauh berbeda dengan Indonesia.
Hasil dari kunjungan tersebut yaitu
Komisi VII DPR mendapat banyak informasi mengenai pemanfaatan satelit di Brasil. Salah satunya adalah fungsi satelit di Brasil dalam memantau sumber daya alam.

5. Membahas RUU Desa ke Brasil


Anggota Komisi II DPR Budiman Sudjatmiko memimpin rombongan studi banding ke Brazsl pada bulan Agustus 2012. Budiman dan sejumlah anggota DPR saat itu tengah menggodok RUU Desa. Brasil dipilih karena dipandang memiliki keunggulan dalam penataan desa. LSM Fitra menyebut kunker ini menyedot keuangan negara sebanyak Rp 1,6 miliar.
Maksud dan tujuan dari kunjungan kerja Pansus RUU Desa ke Brasil adalah mempelajari negara lain dalam menata perdesaan. Hal ini ditujukan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, membahas RUU Kepalangmerahan peningkatan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kapasitas daerah perdesaan.

6. Membahas RUU Kepalangmerahan ke Denmark dan Turki

Badan Legislatif (Baleg) DPR studi banding ke Denmark dan Turki untuk membahas RUU Palang Merah Indonesia (PMI). 22 Anggota Baleg ambil bagian dalam studi banding untuk menentukan logo PMI tersebut.
Studi banding Baleg ke dua negara Eropa itu dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 7 September 2012. Rombongan ke masing-masing negara berjumlah 11 anggota Baleg. Menurut data LSM Fitra, anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 1,3 miliar.
Kunker ini sempat ramai dibahas karena adanya foto yang menunjukkan anggota DPR sedang 'berwisata' naik perahu di Sungai Kopenhagen. Dalam foto itu terlihat beberapa anggota DPR menyusuri Sungai Kopenhagen menggunakan perahu yang biasa digunakan untuk wisata.
Hasil kunjungan itu, Baleg belum memutuskan secara pasti apakah akan mengganti lambang palang merah dengan lambang bulan sabit merah. Namun kecenderungannya Baleg DPR akan tetap mempertahankan lambang palang merah. Hingga saat ini RUU Kepalangmerahan masih dibahas di DPR.
"Jadi kesimpulannya lambang PMI itu tidak penting. Yang penting itu kinerja nyatanya," kata anggota Baleg, Honing Sanny.

7. Kunjungan Kemanusiaan Komisi I DPR ke Palestina

Komisi I DPR menempuh perjalanan panjang untuk memberikan dukungan politik kepada Palestina yang sedang memperjuangkan kemerdekaannya pada November lalu. Tak seperti kunker-kunker lainnya yang banyak dicibir publik, kunjungan ini menuai pujian dan bahkan mendapat sambutan hangat dari pemerintah Palestina.

Perjalanan panjang Komisi I DPR dimulai dari penerbangan menuju Kairo Selasa (27/11) lalu pukul 00.15. Rombongan delegasi itu dipimpin oleh Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq (PKS) dan beranggotakan Yorrys Raweyai (Golkar), Meutya Hafid (Golkar), Yahya Sacawirya (Demokrat), Effendi Choirie (PKB) dan Muhammad Najib (PAN).
Di Kairo, Komisi I DPR bertemu dengan Majelis Syuro Mesir dan Liga Arab. Dalam dua pertemuan itu, Komisi I DPR mengajak Mesir dan Liga Arab untuk mendukung kemerdekaan Palestina.
Dari Kairo, delegasi Komisi I menuju Gaza untuk bertemu Perdana Menteri Hamas Ismail Haniyya. Dalam pertemuan itu, Komisi I DPR mewakili 7 lembaga kemanusiaan memberikan bantuan yang diserahkan kepada Ismail Haniyya. Bermalam di Gaza, keesokan harinya Komisi I DPR kembali ke Kairo untuk selanjutnya menuju Amman, Jordania.
Setelah tiba di Amman, delegasi melanjutkan perjalanan menuju Tepi Barat. Komisi I DPR berhasil masuk ke Ramallah dan menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Dalam keseluruhan kunjungan itu, Komisi I DPR mendapat sambutan hangat dari pemerintah dan warga Palestina. Bahkan Koordinator PPI Se-dunia Zulham Effendi menyampaikan apresiasinya kepada Komisi I DPR.
Kunjungan ini makin mempererat hubungan Palestina dengan Indonesia. Selain itu Komisi I DPR juga melakukan pengawasan terhadap kedubes-kedubes Indonesia yang ada di Mesir dan Jordania. Dari kunjungan ini Komisi I DPR juga mengusulkan untuk membangun konsul istimewa Indonesia di Gaza.

8. Kunjungan kerja ke Jerman dalam Rangka Pengawasan

Komisi I DPR melakukan kunjungan ke Jerman pada 22-25 April 2012 lalu. Meski menuai protes dari PPI Berlin, ketua kunjungan kerja Hayono Isman, mengklaim kunjungan tersebut sukses. Ini agenda lengkap DPR selama di Jerman.
Kunjungan ini diwarnai sejumlah insiden. Salah satunya adalah saat PPI Berlin datang ke KBRI bertemu delegasi dan melakukan walk out setelah 'melecehkan' anggota DPR. Selain itu, ada pula insiden tertangkap kamera Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman sedang berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan.
Hasil Kunjungan tersebut adalah
dalam rangka melakukan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah dan APBN di perwakilan RI Jerman.
Salah satu hasil penting dari kunjungan ini adalah informasi yang diperoleh anggota DPR mengenai alutsista yang ada di Jerman. Saat ini pemerintah sedang berencana untuk membeli tank dari dua negara, Jerman atau Belanda. Setelah kunjungan ini, pemerintah akhirnya memutuskan untuk membeli tank dari Jerman.

Sumber :
Detiknews.com
www.pedomannews.com
image by www.google.co.id

1 komentar:

  1. LOWONGAN KERJA KE LUAR NEGERI

    TAIWAN PABRIK PRIA & WANITA
    Gaji : Rp 6 sd 8 juta
    Biaya paket A : Rp 21 juta (persyaratan ijasah SMA, tinggi badan 165 cm)
    Biaya paket B : Rp 23 juta (persyaratan umum)
    Biaya paket C : Rp 25 juta (persyaratan umum)
    Kontrak : 3 tahun
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    TAIWAN : PANTI JOMPO
    Gaji : Rp 6 juta
    Biaya : Rp 5 juta
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    TAIWAN : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 4 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/


    HONGKONG : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 4.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 3 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    SINGAPURA : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 3.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 4 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    MALAYSIA : PRT - BABY SITTER - PENGASUH ORANG JOMPO
    Gaji : Rp 2.4 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Uang saku : Rp 4 juta
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    MALAYSIA : PABRIK (khusus wanita)
    Gaji : Rp 2.5 JUTA
    Biaya : Gratis (potong gaji)
    Kontrak : 2 tahun, bisa memperpanjang
    Proses di Jakarta dan Surabaya
    Info Hp : 081235491898 / 087858111096 "pak Agus"
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    JOB MALAYSIA KONTRUKSI
    Total order : 110 pekerja
    Gaji pokok : RM 35/hari (belum termasuk lembur)
    Kontrak kerja : 2 tahun (bisa memperpanjang)
    Permit / levi : Free / Gratis (ditanggung majikan)
    Biaya proses : Wilayah Tulungaung dan sekitarnya gratis (full potong gaji)
    Biaya proses : Luar daerah Rp 2.500.000,-
    Potongan biaya : RM 2500 (diangsur 5 kali)
    Compeny : Bukut Maju / Nova Loyal SDN BHD
    Persyaratan : Usia min 18 tahun, maksimal 40 tahun.
    Proses di Jakarta - Jawa Tengah - Jawa Timur
    Silahkan hubungi kami di HP : 081 235 491 898 (Simpati). 087 858 111 096 (XL). Pak Agus
    http://pjtkiresmionline.blogspot.com/

    BalasHapus