Senin, 12 November 2012

GREEN ECONOMY




Tema kali ini saya mengangkat tentang green economy. Apa itu green economy? Apakah Indonesia mampu menjadi negara green economy? Kendala apa saja yang dihadapi untuk mewujudkan negara green economy?  Bagaimana caranya?

Terlebih dahulu saya akan bahas mengenai pengertian green economy atau ekonomi hijau yaitu hasil ekuitas kesejahteraan sosial dan perbaikan manusia, sementara secara signifikan mengurangi risiko lingkungan dan kelangkaan ekologi. Atau secara singkatnya yaitu perekonomian yang tidak merugikan lingkungan hidup.

Terdapat beberapa kendala dinegeri ini untuk menerapkan ekonomi hijau, yaitu pola hidup masyarakat Indonesia telah membuat pembangunan sangat eksploitatif terhadap sumber daya alam dan mengancam kehidupan pembangunan yang bertumpu pada produksi terbukti membuahkan perbaikan ekonomi, tetapi gagal di bidang sosial dan lingkungan. Seperti, meningkatnya jumlah rumah kaca, emisi gas dan berkurangnya areal hutan serta musnahya berbagai spesies dan keanekaragaman hayati dan terjadinya ketimpangan sosial antara masyarakat miskin dan masyarakat kaya. Sedangkan di pemerintahan, bagaimana meminimalisir jajaran birokrasi untuk memudahkan investasi hijau, memulihkan hukum dan peraturan yang konflik satu sama lain, serta dukungan dana.



Namun Indonesia secara diam-diam telah melakukan berbagai upaya untuk menciptakan energi yang ramah lingkungan dengan harapan bisa menjaga kelangsungan habitat alam. 

Contohnya :
  • ·         Bali dan NTT. Di NTT sudah membuat lampu-lampu dengan menggunakan energi tata surya
  • ·         Menteri Koordinator dan Perekonomian Hatta Rajasa meluncurkan mobil listrik atau yang biasa disebut Green Car. Peluncuran mobil listrik ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan Green Economy yang bertujuan agar pembangunan dapat berkelanjutan, angka kemiskinan dipangkas, dan kesejahteraan bisa dinikmati semua orang.



Bagaimana caranya agar Indonesia menjadi negara Green Economy?

Caranya yaitu dengan mengubah perilaku dan tingkatkan kualitas lingkungan, Dari sini terlihat pentingnya perubahan paradigma dan perilaku untuk selalu mengambil setiap kesempatan dalam mencari informasi, belajar dan melakukan tindakan demi melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Dengan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Serta peran dukung pemerintah dan Generasi-generasi muda yang akan menjadi penerus habitat ini, dan mereka harus bisa menyadari akan pentingnya menjaga dan melindungi juga memelihara lingkungan yang akan menjadi  warisan bagi mereka dimasa mendatang.


Referensi :
www.wikipedia.com
www.hukumonline.com
www.kawanalam.blogspot.com
www.nationalgeographic.co.id
KARIMAH PATRYANI - 23210835

Tidak ada komentar:

Posting Komentar