Sabtu, 19 Januari 2013

Pencipta MOBIL LISTRIK



Mobi llistrik yang menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini diketahui buatan anak negeri. Sang konseptor itu adala Danet Suryatama. Dia Lulusan Master di Universitas Glasgow, Inggris dan Michigan, Amerika Serikat (AS) serta Doktor di Universitas Michigan jurusan Struktur Perkapalan spesialisasi mobil ini mengaku mengungkapkan kecintaannya kepada lingkungan yang dituangkan ke mobil listrik pesanan Menteri BUMN Dahlan Iskan.


 


Setelah lulus dari gelar Doktornya pada 1999, Danet melanjutkan kariernya di bidang automotif di Chrysler dan Mitsubishi. Lalu ia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air Dan mengabdikan dirinya ke negara dengan menuangkan seluruh kreatifitasnya.

 

Danet Suryatama mengajukan proposal untuk  bergabung dengan proyek mobil listrik ketika Pak Dahlan mengumumkan putra petir pada maret lalu, setelah

Itu dia bersama tim membuat mobil model Tucuxi.

 

Keistimewaan mobil listrik ini yaitu menggunakan teardrop spinning atau sistem memperbanyak isi dan membuat mobil itu kalau digas dengan kencang semakin stabil. Sistemnya dipakai oleh pembuat mobil zaman dulu.

Selain itu, konsep mobil listrik ini sistem kendalinya lain dari mobil listrik yang ada. Kami memakai sistem pyramid cable fiber berkekuatan tinggi. Bisa tahan peluru jika diperlukan. Tapi untuk mobil yang ini tidak dilengkapi dengan itu. Mobil ini juga bisa ditempuh hingga 300 km dan baterainya bisa diisi dengan durasi empat jam saja. Jika di rumah dengan kekuatan biasa, bisa 10 jam.


Mobil listrik dikembangkan karena mobil ini ramah lingkungan  dan tekhnologinya terdepan . komponennya 50% dari dalam negeri, namun baterai di impor dari China.

Dana yang dibutuhkan untuk pembuatan mobil listrik ini sekitar Rp 1,5 M. Rencana produksi limited edition. Sekarang 25 unit sampai 40 sudah terorder. Nanti saat 200 hingga 400 unit mobil kita setop dulu. Sementara untuk produksinya kita perkirakan dua atau tiga bulan bisa produksi lima kendaraan.


Sumber:
wirosableng810.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar